fallback-image

MENYIMPAN BUAH DAN SAYUR 

Buah dan sayur tentunya adalah makanan wajib bagi setiap orang yang harus ada di dalam rumah. Sebab buah dan sayur merupakan sumber kaya ke kebutuhan seperti vitamin, mineral, protein, serta dan banyak lagi. Selain itu, orang-orang juga suka mengonsumsi nya guna untuk menyehatkan tubuh. Nah, buah dan sayur pun kita dapat dari berbelanja di pasar maupun di supermarket. Untuk itu, banyak buah dan sayur yang masih sangat segar dan bersih. Namun anda sering mengeluh karena buah dan sayur yang ditaruh di kulkas cepat layu dan membusuk. Ini menjadikan buah sayur menjadi terbuang sia-sia dan tidak bisa dimakan. Jika sudah dalam keadaan membusuk membuat kulkas menjadi berbau. 

Cara Menyimpan Buah Dan Sayur Agar Tidak Cepat Membusuk


Buah dan sayur adalah makanan tanpa pengawet dan menyehatkan. Maka dari itu sayur dan buah sangat mudah membusuk dalam jangka waktu tertentu. Namun anda bisa membuat buah dan sayur anda lebih lama kesegarannya. anda bisa melakukan hal-hal berikut agar buah dan sayur tidak cepat membusuk:

  • Simpan ditempat yang kering

Buah sangatlah mudah membusuk ketika anda biarkan di tempat yang panas maupun basah. Maka dari itu anda bisa menyimpannya di tempat yang kering agar menjaga kelembaban buah dan sayur. Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya pun juga tidak akan berkurang. Caranya simpan buah di wadah yang tertutup dan di lapisi dengan kertas. 

  • Cuci dan keringkan sayuran sebelum disimpan

Sayuran yang telah dicuci dengan air bersih akan terhindar dari bakteri dan kuman. Selain itu, juga akan menghilangkan kotoran yang terdapat di sayuran. Setelah sayuran dicuci, sebaiknya dilap dahulu dan dikeringkan sebelum memasukkan ke dalam kulkas. Ini tentunya membuat sayur agar masih segar dan tidak layu. 

  • Pisahkan sayuran dan buah-buahan

Terkadang sayur dan buah akan diletakkan di dalam wadah yang sama. Namun cara ini tidak efektif yang malah mengakibatkan proses cepatnya pembusukan. Sebab buah-buahan menghasilkan zat yang dapat mempercepat kematangan bahan makanan. 

  • Cek suhu di dalam kulkas dengan teratur

Menyimpan sayuran yang baik adalah penyimpanan nya dengan suhu yang seimbang. Suhu kulkas yang bisa anda gunakan biasanya berkisaran 1 sampai 4 derajat celcius. Ini tentu agar bakteri tidak mudah berkembang dan agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. 

  • Menata sayuran sesuai dengan jenis rak kulkas

Menyimpan sayuran di dalam kulkas tentu akan memperlambat proses pembusukan. Nah, sebaiknya ketika menyimpannya pun tidak sembarangan. Caranya letakkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli dan lainnya di rak kulkas paling bawah. Setelah itu rak di tengah untuk menyimpan sayuran yang memiliki air rendah misalnya seperti wortel, buncis, kacang panjang dan sayur lainnya. Nah, rak paling atas bisa anda gunakan untuk menyimpan sayur dengan kadar air yang tinggi seperti mentimun, terong, tomat, paprika dan lainnya. Cara ini tentunya akan mengurangi pembusukan dan memudahkan saat mengecek kondisi sayur tersebut. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyimpan sayur dan buah agar tidak cepat membusuk. Sayur dan buah tentunya sangat penting untuk kesehatan kita. Jadi kita harus menyimpan dan mengolah dengan cara yang benar. Selain itu, juga berguna agar nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tidak akan hilang. 

berkah

Related Posts

fallback-image

MEMANFAATKAN BAHAN ALAMI UNTUK MENGOBATI JERAWAT

fallback-image

JASA KONSULTAN ARSITEK TERPERCAYA DAN MURAH

fallback-image

TIPS MENGELOLA KEUANGAN DENGAN BENAR DAN TEPAT 

fallback-image

REKOMENDASI PABRIK AMANAH GARMENT DENGAN HARGA TERMURAH DAN TERPERCAYA 

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *