fallback-image

JENIS OLAHRAGA YANG TEPAT UNTUK PENDERITA DIABETES

Olahraga sangat baik untuk kesehatan, terlebih jika rutin dilakukan setiap hari. Olahraga tidak hanya dilakukan oleh orang sehat saja, adapun untuk orang yang mempunyai penyakit itu juga harus berolahraga. Penderita diabetes juga seharusnya rutin melakukan olahraga tidak hanya mengandalkan obat saja. Karena penderita diabetes sangat penting untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan tentunya harus menjaga pola makan. Olahraga yang dilakukan dengan benar, rutin, dan terukur terbukti bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu olahraga juga dapat membakar lemak pada tubuh serta dapat meningkatkan metabolisme jaringan, seperti menambah kekuatan otot, saraf, jantung dan tulang.

6 Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Olahraga dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL) dan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang sangat baik untuk penderita diabetes. Penderita diabetes tidak boleh asal-asalan dalam berolahraga, terutama yang memiliki penyakit komplikasi. Berikut beberapa jenis olahraga yang tepat untuk penderita diabetes;

  1. Hiking

Hiking merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan penderita diabetes. Saat hiking dapat membantu membakar kalori yang dimiliki. Hiking juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang menjadi pemicu jantung.

Olahraga yang teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolic dan systolic rata-rata 10 mmhg.

  1. Renang

Olahraga renang ini sangat cocok untuk penderita diabetes tipe 2 dan tipe 2. Berenang mampu membantu seseorang menjadi lebih sehat dan aktif. 350-420 kalori saat berenang bisa terbakar setiap jamnya. Penderita diabetes yang mengalami mati rasa pada kaki ini akan berdampak sangat baik. Olahraga renang ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol pada penderita diabetes sehingga bisa menjadi sehat dan bugar. Sehingga tubuh yang sehat akan lebih terkendali.

  1. Yoga

Yoga sangat bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2 karena gaya hidup yang tidak sehat serta stress. Olahraga yoga ini dapat membantu pencernaan menjadi lancar, mengatasi malah kesehatan, menurunkan berat badan, membantu melancarkan pernafasan, mendorong pola makan yang sehat, menjaga sirkulasi dan kekebalan tubuh. Diabetes tipe 1 dan tipe 2 disebabkan karena pankreas yang tidak dapat melakukan fungsinya secara maksimal untuk menghasilkan insulin. Dengan olahraga yoga ini penderita diabetes pada organ fungsinya akan berjalan dengan maksimal.

  1. Bersepeda

Bersepeda akan membantu kebugaran sekaligus meminimalkan ketegangan pada persendian. Jika mengalami nyeri sendi bawah olahraga yang tepat dengan resiko rendah yaitu dengan bersepeda. Bersepeda setiap hari akan membantu menjaga kadar gula darah sehingga tetap terkendali.

  1. Angkat beban

Aktivitas angkat beban dapat membantu otot yang mampu meningkatkan kalori untuk dibakar setiap hari. Angkat beban ini juga dapat meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes. Anda dapat menggunakan alat khusus atau benda rumah yang bisa anda gunakan untuk olahraga ini. Cara yang lebih efektif untuk mempelajari cara angkat beban dengan aman yaitu mengikuti kelas khusus atau memiliki pelatih yang profesional.

  1. Aerobic dance

Aerobic dapat memenuhi target olahraga misalnya, zumba adalah olahraga kebugaran dengan kombinasi tari dan aerobic secara cepat. Penderita diabetes tipe 2 lebih termotivasi untuk berolahraga setelah mengikuti kelas zumba selama 16 minggu. Oleh karena itu, kebugaran mereka menjadi meningkat sehingga berat badan menjadi turun.

Itulah beberapa jenis olahraga yang tepat untuk penderita diabetes semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

berkah

Related Posts

fallback-image

MEMANFAATKAN BAHAN ALAMI UNTUK MENGOBATI JERAWAT

fallback-image

JASA KONSULTAN ARSITEK TERPERCAYA DAN MURAH

fallback-image

TIPS MENGELOLA KEUANGAN DENGAN BENAR DAN TEPAT 

fallback-image

REKOMENDASI PABRIK AMANAH GARMENT DENGAN HARGA TERMURAH DAN TERPERCAYA 

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *