fallback-image

INILAH EFEK SAMPING YANG BISA TIMBUL AKIBAT TERLALU BANYAK MAKAN KEJU

INILAH EFEK SAMPING YANG BISA TIMBUL AKIBAT TERLALU BANYAK MAKAN KEJU

Keju merupakan salah satu makanan yang berasal dari olahan susu dan digemari oleh banyak orang. Biasanya keju dimakan secara langsung atau juga sebagai topping dessert, campuran salad, roti dan lainnya. Keju memiliki rasa yang gurih dan tekstur lembut serta mulut ketika dimakan. Keju merupakan salah satu sumber protein, kalsium dan fosfor yang baik bagi tubuh. namun keju terlalu banyak mengandung lemak dan kolesterol sehingga bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. 

Mengkonsumsi keju secara rutin dalam jumlah yang kecil memang dipercaya akan memberikan manfaat untuk tubuh. Namun seperti yang kita ketahui, apapun yang berlebihan pasti nantinya juga tidak akan baik. Sama seperti keju jika terlalu banyak dikonsumsi juga malah akan memberikan dampak negatif. Bahkan bisa meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan bahkan timbulnya berbagai macam penyakit. Untuk itu sebelum kamu salah dalam mengkonsumsi keju maka simak beberapa hal penting berikut ini. Beberapa hal penting tersebut adalah dampak yang bisa ditimbulkan dari terlalu banyak mengkonsumsi keju. Beberapa dampak tersebut diantaranya yaitu:

  • Membuat kadar kolesterol naik

Dampak pertama yang bisa ditimbulkan dari terlalu banyak mengkonsumsi keju yaitu membuat kadar kolesterol naik. Hal ini dikarenakan oleh kandungan lemak jenuh yang ada di dalam keju tersebut. Dengan kadar kolesterol yang naik akan berisiko terkena penyakit jantung bahkan juga stroke. Untuk itu batasi dalam mengkonsumsi keju dan konsumsilah dalam porsi yang tepat. 

  • Menyebabkan kenaikan berat badan

Mengkonsumsi keju dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Keju memang memiliki rasa yang gurih, namun di dalam keju terkandung kalori yang cukup tinggi. Sehingga bisa meningkatkan berat badan apalagi jika seseorang tersebut kurang gerak atau berolahraga. Dengan berat badan yang meningkat juga akan meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah yang bisa ditimbulkan dari berat badan yang meningkat yaitu obesitas. 

  • Membuat tekanan darah naik

Mengkonsumsi keju dalam jumlah yang berlebih juga akan membuat tekanan darah naik dan berisiko hipertensi. Hal ini dikarenakan keju merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi kandungan sodium di dalamnya. Dengan tekanan darah yang naik, maka juga akan meningkatkan risiko terkena beberapa masalah. Mulai dari gangguan jantung, pembuluh darah, ginjal bahkan osteoporosis. 

  • Mengganggu pencernaan 

Mengkonsumsi terlalu banyak makan keju juga dipercaya akan mengganggu sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan keju mengandung laktosa yang cenderung sulit untuk diolah oleh perut. Sehingga mengkonsumsi laktosa yang berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan. Meskipun keju kaya akan protein, namun keju minim serat dan nantinya akan berisiko menyebabkan sembelit.

  • Meningkatkan risiko kanker

Mengkonsumsi keju setiap hari juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker kandung kemih. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam keju tersebut yang menjadi penyebabnya. Seseorang yang hobi ataupun gemar mengkonsumsi keju memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker. 

Nah demikianlah beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan jika mengkonsumsi keju terlalu banyak. Keju memang memiliki manfaat untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak pastinya juga tidak baik. Untuk itu konsumsilah keju dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan takaran. Sebab keju mengandung banyak vitamin dan nutrisi esensial yang baik untuk tubuh. Sehingga konsumsilah keju dalam jumlah yang dibatasi agar terhindar dari dampak yang buruk dan mendapatkan manfaatnya. 

berkah

Related Posts

fallback-image

Sudah Jadi Pilihan Banyak Kalangan Untuk Pesan Kaos Harga Murah

fallback-image

Inilah Produk Yang Pasti Di Kerjakan Amanah Garment

fallback-image

TIPS DALAM MEMILIH JASA KONSTRUKSI JOGJA YANG TERBAIK DAN BERPENGALAMAN

fallback-image

MESKIPUN ENAK UNTUK DIKONSUMSI, TERNYATA TERLALU BANYAK MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS AKAN BERDAMPAK BURUK